Celengan Gerabah


Celengan merupakan nama umum untuk kotak akumulasi atau penabungan koin. Umumnya, celengan digunakan oleh anak-anak. Celengan biasanya terbuat dari keramik atau porselen. Celengan bertujuan untuk mengajarkan kepada anak untuk menabung. Pada celengan tradisional, uang dapat dengan mudah dimasukkan, namun jika ingin mengambil uangnya, celengan tersebut harus dipecahkan. Tapi celengan modern memiliki lubang karet pada bagian bawahnya, untuk memudahkan dalam mengambil uang yang disimpan dalam celengan tersebut. Pada Zaman dahulu kala kata Celengan sebenarnya berasal dari Nama binatang Celeng (babi), karena bentuk Celengan memang banyak yang berbentuk Celeng.Pada sekitar abad ke-18, di inggris terjadi kesalahan penafsiran untuk menyebut celengan. Ketika itu, celengan disebut dengan nama “pygg” yang dalam bahasa inggris tua berarti benda yang terbuat dari tanah liat. Namun, karena pelafalan “pygg” sama dengan “pig” maka masyarakat inggris lebih suka menyebutnya “piggy bank” . Bentuknyapun lalu dibuat mirip dengan babi. Di Indonesia, celengan juga sudah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit atau sekitar abad ke-15. Buktinya adalah penemuan celengan berbentuk babi terbuat dari tanah liat di Trowulan, Jawa Timur yaitu ditempat situs kerajaan Majapahit. Nama celengan itu sendiri diambil dari kata “celeng” yang dalam bahasa jawa berarti “babi hutan”. Namun dengan adanya perkembangan zaman celengan sekarang memiliki berbagai macam bentuk , warna , bahkn motif yang berbeda-beda. Biasanya celengan terbuat dari tanah liat ,  gerabah ,keramik , plastic dan masih banyak variasi lainnya.
Beberapa contoh celengan Gerabah :
  • Celengan (i4)



Celengan i4 ini adalah salah satu jenis celengan yang berbentuk bulat dengan dengan gagang yang berbentuk bulat pula. Bedanya dengan souvenir celengan aslinya adalah celengan ini dapat di beri berbagai macam warna. Entah itu warna natural ataupun warna-warna ceria.Sehingga selain mempertahankan bentuk klasiknya, souvenir ini juga membawa keunikan masa kini. Ukuran dari celengan ini tergolong cukup kecil, sehingga cocok digunakan sebagai miniatur celengan.Celegan ini memiliki berbagai ukuran , warna dan juga motif yang berbeda sehingga keunikan inilah yang dapat dijadikan daya tarik tersendiri untuk celengan i4 ini.
  • Celengan Kura-kura


Ini adalah souvenir berbentuk celengan kura-kura. Bentuknya yang lucu dan menggemaskan membuatnya cocok digunakan untuk berbagai keperluan acara. Sebagai contoh, souvenir celengan ini bisa digunakan sebagai sebuah souvenir pernikahan. Selain itu, souvenir ini juga bisa digunakan untuk souvenir ulang tahun anak. Fiturnya yang bermanfaat bisa digunakan untuk mengajarkan kepada anak tentang menabung dan berhemat. Celengan ini memiliki ukuran sekitar 15 cm x 18 cm x 10 cm. Tentu, karena bentuknya tidak persegi atau balok, ukuran tersebut adalah ukuran kisaran. Karena mengukur benda yang berkelok-kelok tidak semudah mengukur balok atau persegi.
  • Celengan Strawberry


Celengan Strawberry Bahan Gerabah ini dapat dijadikan souvenir pernikan anda atau juga dapat dijadikan souvenir pada acara yang mungkin membutuhkan souvenir. Celengan Strawberry bahan Gerabah ini sangat unik dan menarik karena bentuknya yang bagus dan menyerupai strawberry. Sepeti pada namanya, Celengan Strawberry Bahan Gerabah ini terbuat dari bahan gerabah atau tanah liat yang di bentuk menyerupai buah strawberry sungguhan yang di atasnya terdapat sebuah lubang untuk memasukkan uang dan di cat dengan warna yang mencolok yaitu warna dasar merah seperti warna strawberry yang sungguhan. Ukuran Celengan Strawberry Bahan Gerabah ini kurang lebih memiliki diameter 5,5 x 6,5 centi meter. Harga Celengan Strawberry Bahan Gerabah ini pun tidak mahal atau setara dengan barang yang anda dapatkan.

Latest
First